Thursday, May 17, 2012

Kandungan Dan Khasiat Buah Apel

manfaat apel
Ada yang belum pernah makan apel atau tidak suka dengan buah ini? Baca dulu artikel dibawah ini.


Mungkin sebagian besar orang bilang " mana ada orang didunia ini tidak suka makan apel?". kalau anda berpikir seperti ini berrti itu juga sepemikiran dengan saya hee. Tapi dalam kondisi tertentu memang ada orang yang dipaksa untuk tidak mengkonsusi buah apel ini walaupun sudah tersedia didepannya. karena memang buah apel yang rasanya manis ini tentu saja memiliki kandungan gula (baik glukosa maupun fruktosa) yang secara alami akan ditakuti oleh penderita diabetes (walaupun menurut penelitian tidak seperti yang dibayangkan penderita diabetes).

Buah apel dengan berbagai jenis ini (he he jenisnya memang banyak tapi yang umum kita tau adalah apel berwarna merah,apel berwarna hijau dan juga apelberwarna campuran merah,hijau dan ada kuningnya juga) dapat dikonsumsi dengan dimakan langsng, dijadikan juz atau dijadikan manisan juga bisa dengan berbagai manfaat bagi seseorang dengan kondisi tubuh normal. oleh karna itu perlu kita ketahui apa saja manfaat atau khasiat buah apel ini. Berikut beberapa uraian manfaat dari buah apel.


1.      Mencegah Asma

Image result for asma png
Sakit asma atau yang sering dikenal sebagai sesak nafas atau susah bernafas adalah sakit yang disebabkan karna terganggunya saluran pernafasan karena asap rokok, debu, bulubinatang atau infeksi virus. Apel dengan kandungan asam phenolik dan flavoinoid ini yang dapat membantu meredakan radang pada pernafasan
3.      Melindungi tulang
Image result for tulang
Dalam buah apel terdapat zat anti-inflamasi flavonoid yang disebut phloridzin dapat memperkuat tulang. kandungan Boron pada buah apel juga menyumbang dalam proses memperkuat tulang seseorang yang mengkonsumsi buah apel.
4.      Mencegah kanker paru-paru
Image result for kanker paru

Dalam buah apel memiliki kandungan flavonoid, quercetin, dan naringin. Senyawa senyawa inilah yang dipercaya para ahli yang berperan dalam mencegah kanker paru-paru.
5. Mencegah kanker usus
Related image
Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tikus, dari 100 tikus yang diberikan ekstrak kulit buah apel, sebanyak 43 tikus atau sebesar 43% terkena kanker saluran pencernaan. Artinya sebanyak 57% sisanya terbebas dari resiku kanker pencernaan. Kandungan Pectin inilah yang mampu mencegah dari bahaya kanker usus tersebut. selain kanker usus, penelitian tersebut juga menunjukan hasil bahwa buah apel dapat mencegah kanker payudara dan juga kanker hari.

6. Menyehatkan Kulit
Buah apel yang juga mengandung senyawa antioksidan dapat menangkal radikal bebas. antioksidan inilah yang kemudian menjadikan kulit akan tetap terjaga kesehatannya dan mengurangi keriputan pada kulit
7.      Membantu Membersihkan Gigi

Image result for gigipng
Kandungan antibakteri pada buah apel membantu membersihkan gigi secara alami. Dengan mengunyah buah apel, secara otomatis kandungan antibakteri pada buah apel juga bersentuhan langsng dengan gigi, makanya bakteri penyebab rusaknya gigi akan minggir. ya walaupun dengan memakan buah apel dapat membantu membersihkan gigi, bukan berarti kita tidak perlu menggosok gigi kita ya :D
8.      Menurunkan kadar kolesterol
Image result for kolesterol
Kolesterol (yang sangat ditakuti oleh sebagian besar orang) adalah lemak yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun ketika kita disebutkan kata kolesterol yang terfikir dibenak adalah suatu zat yang membahayakan bagi kesehatan tubuh kita. yang benar adalah kolestrol diproduksi oleh organ hati dan kemudian diedarkan kesaluran darah. Kolesterol yang terlalu berlebih inilah yang akan menjadikan penyakit. Normalnya dengan kita mengkonsumsi makanan secara alami hati akan memproduksi kolesterol, Namun karena makanan yang kita konsumsi mengandung banyak zat yang berpotensi menimbulkan kolestrol maka hati secara alami akan memproduksi kolesterol berlebih. Saat kolesterol hasil produksi hati meningkat sedangkan kita tidak melakukan aktivitas ektra maka akan ada tumpukan kolestrol dalam darah.  Untuk itu, sangat disarankan bagi kita sering mengkonsumi apel. Hal ini seperti yang ditulis pada Jurnal Eropa bahwa dalam 1 buah apel dapat menurunkan kurang lebih 6% kadar kolesterol dalam darah. hemm jika kita sehari makan 3 apel berarti hampir 20% kolesterol yang dapat kita turunkan. 
9.      Mengontrol diabetes
Seperti diawal tulisan ini, bahwa orang yang menderita penyakit diabetes pasti akan takuk akan makanan yang manis manis. tetapi dalam sebuah studi menyebutkan dalam apel terdapat Kandungan pectin yang mampu mensuplai galacturonic acid yang akan menurunkan kebutuhan tubuh untuk melepaskan hormon insulin. Karena hormon insulin inilah yang berperan dalam mengontrol gula darah (glukosa). dengan kandungan pectin yang terdapat dalam apelberrti tubuh akan mampu memproduksi hormon insulin sesuai dengan kebutuhan, jika hormon insulin sudah tercukupi maka kadar gula darah juga akan seimbang.
10.  Mengurangi berat badan
Image result for perut gendut png
Dalam studi yang dilakukan di Brazil, bahwa jika seorang wanita mengkonsumsi buah apel secara rutin tiap hari minimal 3 buah, maka akan membantu program dietnya untuk menurunkan berat badan. Hal ini akan terlihat jelas jika dibandingkan dengan wanita yang dengan program diet sama tetapi tidak mengkonsumsi buah apel. Jadi dari penelitian tersebut dapat disimpulkan apel dapat membantu mengurangi berat badan.

Sangat banyak ya manfaat buah apel untuk kesehatan kita, malah bisa mencegah penyakit-penyakit mematikan sekalipun seperti Kanker dan lainnya. Jadi jangan remehkan manfaat buah apel. 
Jika ada yang kurang bisa ditambahin lagi ya di kolom komentar. Nanti diupdate lagi he ee 

No comments:

Post a Comment