Friday, March 29, 2013

Cara Mengamankan File Di Laptop/note book ataupun di PC

Related image

Udah lama gak update artikel jadi ada yang kurang,, he ee 
Artikel yang kali ini ane tulis bukan berhubungan dengan software, tetapi berhubungan dengan tips bagai mana caranya agar dokumen dokumen kita aman dari virus. Karena pengalaman dan ada temen yang bertanya bagaimana agar file-file kita di komputer tidak gampang terkena virus, maka mendingan ane tulis geh tips nya disini biar klok ada temen-temen yang sering memiliki masalah ama virus bisa lebih wasda sebelum dimakan virus lagi file-filenya.

langsung aja ane kasih tipsny, karena ini sering kali terjadi dikalangan pelajar ataupun temen-temen yang bekerja di dalam dokumen berupa word ataupun di office yang lainny. Virus virus yang sering memakan file ini biasanya sudah masuk kedalam windows komputer kita, jadi saat kita menyimpan file tersebut kedalam drive D ataupun yang lain ketika kita buka tanpa sadar file kita sudah terjangkit virus, parahnya kadang malah file kita tidak bisa dibuka karena udah dirubah ekstensinya ama tuh virus. Kalok udah kayak gini bingung kan mesti ngapa ? nah untuk menghindari hal tersebut ni ane kasih tipsnya:

1. Simpan file tersebut kedalam bentuk zip atau dalam ekstensi .rar
(download winrar disini)

Lihat video tutorial penggunaan Winrar




2. Simpan file tersebut kedalam bentuk file .iso
(download Ultra Iso disini)


Nah kalok udah disave kedalam bentuk file .rar ataupun file iso kemungkinan file tersebut rusak ataupun terkena virus lebih sedikit ketimbang kita simpen kedalam ekstensi .doc apalagi kalau kita memiliki master software, jenis penyimpanan kedalam bentuk ekstensi .rar ataupun .iso paling dianjurkan. Untuk menyimpan file kedalam ekstensi .rar berarti komputer kita harus sudah terisntal aplikasi yang namaya winrar, untuk aplikasi ini biasanya komputer setandar sudah terinstal saat pertama kali diinstal ditoko tempat kita membeli laptop ataupun notebook. Namun jika kita hendak menyimpan file kedalam bentuk .iso maka komputer kita harus juga sudah terinstal aplikasi yang disebut dengan ultra iso. Nah ultra iso ini yang jarang sekali ada didalam komputer kita. padahal aplikasi ultra iso ini banyak sekali fungsi dan manfaatnya. 

oke deh sekian dulu untuk tips kali ini, untuk yang masih bingung cara menyimpan kedalam .rar maupun .iso silakan tinggalin komen ya,, he e e e 
dilain kesempatan ane tulis lagi untuk software ultra iso nya biar lebih jelas lagi

No comments:

Post a Comment