Sunday, May 20, 2012

Penyakit Diabetes dan Alternatif Penyembuhannya




Awas! Diabetes Mengancam disekitar kita
Image result for diabetes


Perlu sobat ketahui, Apa itu diabetes?

Sebelum memahami apa itu diabetes, kita harus tau dulu istilah yang akan dibahas pada tulisan ini. yang pertama adalah istilah glukosa. perlu sobat ketahui gula yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari hari ternyata terdapat beberapa jenis yaitu glukosa, fruktosa dan sukrosa. glukosa adalah jenis gula yang dapat disalurkan dalam darah yang kemudian disimpan dalam sel-sel otot dan juga hati. Fruktosa adalah jenis gula yang tidak dapat disalurkan kedalam darah dan dapat merangsang prosuksi lemak. Sedangkan sukrosa adalah jenis gula yang masih dalam bentuk gabungan antara glukosa dan fruktosa. glukosa yang dapat masuk kedalam darah inilah yang kemudian sering disebut sebagai gula darah.

 Gula yang sering kita gunakan untuk masak maupun untuk membuat minuman teh atau kopi merupakan jenis sukrosa yakni gula yang terdiri dari glukosa dan fruktosa. Jadi dalam kehidupan sehari hari kita tidak terlepas dari glukosa dan fruktosa. Lalu apa hubungannya dengan diabetes??

Ok, mari kita simak definisi diabetes dari beberapa ahli, Menurut dr. Marianti dalam artikel alodokter,2018 yang dimaksud dengan diabetes atau sering disebut juga sebagai diabetes militus adalah suatu penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Untuk kadar darah normal pada pagi hari berkisar antara 70 sampai 110 mg/dL. Artinya jika kadar darah seseorang melebihi kisaran angka 110 maka orang tersebut dikatakan memiliki kadar gula nya tinggi.


Lalu Apa sih penyebab diabetes?

Penyakit yang satu ini memang sangat berbahaya, lalu apa penyebab utama dari penyakit ini? jawabannya adalah karena seseorang tidak mampu lagi memproduksi hormon insulin (hormon pengubah glukosa menjadi energi) yang sesuai dengan kebutuhan. Maksudnya adalah setiap hari kita makan makanan yang mengandung gula (sukrosa yang terdiri dari glukosa dan fruktosa), jika glukosa dalam darah tidak diubah semua oleh insulin menjadi energi maka akan terjadi penumpukan glukosa dalamdarah yang mengakibatkan kadar glukosa dalam darah menigkat. Hormon insulin inilah yang berperan aktif dalam mengurangi kadar glukosa dalam darah, jika pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai dengan kebutuhan atau tidak seimbang dangan jumlah glukosa dalamdarah maka seseorang akan menderita penyakit diabetes militus.

Dalam ilmu kedokteran,diabetes dibedakan menjadi 2 tipe yaitu:

Diabetes tipe 1 terjadi karena pankreas sama sekali tidak dapat memproduksi insulin, umumnya terjadi sebelum usia 30 thn, bisa terjadi karena infeksi virus atau faktor gizi.

Diabetes tipe 2 terjadi karena pankreas mampu menghasilkan insulin tetapi tidak normal, terkadang bahkan melebihi batas. Hanya saja tubuh sudah membentuk kekebalan terhadap efeknya (insulin tidak mampu mengubah glukosa karena kekebalan tubuh), terjadi setelah usia 30 thn dan penyebab utamanya adalah obesitas atau kegemuka dan juga cenderung faktor keturunan.

Adakah tanda Diabetes?

Semua penyakit pasti memiliki tanda tanda tersendiri, seperti halnya diabetes yang juga memiliki tanda tanda. adapun tanda tanda yang dapat kita waspadai adalah saat kita merasa haus dan lapar yang tak tertahankan, padahal setelah minum tetapi kita masih merasa haus bandel maka kita perlu waspada karena salah satu gejala ini adalah tanda dari diabetes (walaupun juga bisa jadi karnadehidrasi). Sering buang air kencing juga salah satu tanda lainnya dari penyakit diabetes, pandangan sering kabur, dan juga kurang sensitif dibagian kaki dan tangan.

Sementara ini dulu ya om... :D

No comments:

Post a Comment